Wednesday, September 10, 2008

Jalan Keberhasilan Mimpi Laskar Pelangi



"Thank God I chose the right people to produce and direct the movie. I already cried just from seeing the trailer," Andrea told The Jakarta Post. "This is not a children's book, but a book about children. It's an irony about a lack of access to education for children in one of the world's wealthiest islands."
Bersiaplah untuk nonton film Laskar Pelangi besutan Riri Riza dan produser Mira Lesmana, yang diadaptasi dari buku superlaris karya Andrea Hirata. Tanggal 25 September ini Laskar Pelangi, yang juga didukung oleh Kick Andy, sudah beredar di bioskop terdekat. Menimbang kisah bukunya yang sukses banget, bisa jadi antrian ala Ayat-ayat Cinta bakal kembali memeriahkan bioskop-bioskop. Kabarnya memang, film ini akan di putar di layar tancep juga! Atau mungkin, kalau jaman orde silam, film ini bisa diwajibnontonkan ke semua ya, seperti Pengkhianatan G.30.S/PKI.

Setidaknya ada dua belas anak asli Pulau Belitong berakting bersama dalam film yang menceritakan perjuangan murid dan guru dalam memperoleh pendidikan di masa tahun 1970-an. Ini masih ditambah jajaran senior seperti Ikranegara, Slamet Rahardjo, Alex Komang, Jajang C Noer, Mathias Muchus dan Robbie Tumewu, serta Tora Sudiro, Rieke Dyah Pitaloka dan Cut Mini. Terlepas dari para pendukung film, Laskar Pelangi sendiri adalah kisah perjalanan keberhasilan mimpi. Mimpi anak-anak tahun 70'an di Belitong; mimpi perubahan nasib yang dibukukan; mimpi yang berhasil menyentuh banyak hati dan membukakan tabir kesadaran banyak orang yang terpacu dunia materialis; mimpi yang menyingkap borok dunia pendidikan Indonesia yang hingga kini tetap belum sepenuhnya terbenahi; mimpi yang dibicarakan, didiskusikan, dibahas di berbagai blog dan media, dan kini difilmkan; mimpi yang akan terus berjuang karena niat tulus yang berawal dari penghargaan dan syukur seorang murid pada ibu gurunya. Bravo Andrea!

Lalu untuk membantu mood penonton, album soundtrack yang dirilis oleh Miles Production telah beredar sejak 5 September. Lagu tema yang diciptakan dan dinyanyikan Giring Nidji pun kabarnya diakui Andrea Hirata 'Laskar Pelangi banget!' Mau dengar? Coba saja Laskar Pelangi dari Nidji, atau juga Tak perlu Keliling Dunia dari Gita Gutawa.

No comments:

hit tracker
hit tracker