Monday, September 08, 2008

Kenali Karakter Pribadi Anda, Sekarang!

Mungkin Anda masih ingat Jennifer Hudson di film Dreamgirls melantunkan, “I am changing, trying every way I can. I am changing, I’ll be better than I am. I’m trying to find a way to understand, but I need, I need u, I need a hand.” Keane pun suatu kali sempat populer menyanyikan, “But everybody’s changing, And I don't feel the same.” Pernahkah Anda merasa kawan baik berubah sikap, atau justru merasa Anda sendiri mulai berubah dalam hal-hal tertentu?

Rupanya, bagaimana Anda melihat diri sendiri dan bagaimana orang lain melihat anda, menunjukkan hasil yang cukup berbeda. Memang, sangat sulit untuk menjadi obyektif dalam hal seperti ini. Itu sebabnya banyak sarana diciptakan untuk membantu mengetahui bagaimana kepribadian kita sesungguhnya. Mulai dari yang paling serius yang diakukan oleh para psikiater, hingga cara paling fun dengan mengerjakan kuis-kuis populer yang banyak tersedia online. Ide dari quiz seperti ini memang untuk menyingkap cara berpikir, perasaan, dan perilaku tetap dan conditional, dan bukan untuk menghakimi, apakah sesuatu itu benar dan salah. Pertanyaan-pertanyannya biasanya dirancang untuk mengungkap apakah Anda orang kebanyakan, orang-orang yang lebih nyentrik, maupun orang orang aneh, atau sekadar berbeda dan berpandangan lain. Tentu saja kadar acuracy tidak dapat disamakan (the point is fun, dan bisa melewatkan jam kerja yang tersisa ‘kan? Oh pastinya juga berbagi keceriaan dengan teman-teman!). Yang paling penting dalam perkembangan kepribadian adalah pengalaman hidup seseorang, baik yang menyenangkan maupun menyakitkan, sejak kelahiran hingga sekarang. Oya, pengalaman spiritual, keagamaan misalnya, juga bisa berpengaruh dalam pengembangan kepribadian seseorang.

Photobucket
{Karakter bisa berubah, bergeser, meskipun tidak se-extreme proses evolusi. Photo via Michael K Bergman}

Belum lama ini, BBC juga menyebut, Professor Adrian North dari Heriot-Watt University meneliti, selera musik itu ternyata sangat berhubungan dengan jenis kepribadian seseorang. Pernyataan ini dilansir setelah menurut studi terhadap lebih dari 36,000 dari seluruh dunia! Hasilnya antara lain: penyuka musik bollywood itu creative dan outgoing, sementara penggemar lagu-lagu pop cenderung pede banget, tidak kreatif, bekerja keras, outgoing, gentle, not at ease; dan penikmat musik rock/heavy metal itu tidak pede, kreatif, tidak bekerja keras, tidak spontan, dan gentle. Kalau Anda mau berpartisipasi, silakan di sini.

Setelah menuntaskan suatu serial pertanyaan, suatu gambar atau nilai akan muncul sebagai hasil disertai beberapa penjelasan. Biasanya, keabsahannya sangat bergantung pada seberapa spontan Anda menjawab setiap pertanyaan. Dan interpretasinya pun biasanya terserah Anda, maksudnya, semakin jujur menjawab, akan semakin mendekati keakuratan hasil. Pokoknya, hasil dari pertanyaan-pertanyaan ini sebaiknya dilihat sebagai gambaran terkini dari keadaan psikologis mupun paparan tentang bagian hidup yang mungkin Anda pilih untuk dipahami. Selanjutnya, tentu saja terserah Anda. Mungkin Anda bisa belajar sesuatu, memutuskan untuk melakukan sesuatu sesuai dengan hasil yang ditampilkan, atau cukup berpuas diri dengan keberadaan Anda sekarang.

Kalau Anda terpikir untuk mencoba beberapa test atau quiz yang gampang dan cukup menyenangkan, klik saja Quizzila, Blogthings, Personality Quiz, atau Brainfall. Anda juga bisa menciptakan quiz Anda sendiri di Quiztron. Untuk yang lebih unik tetapi sedikit serius coba saja iPersonic. Atau, mau lebih detail layaknya psikiater? Siapkan waktu yang cukup, dan jawab pertanyaan-pertanyaan Trans4mind.

No comments:

hit tracker
hit tracker